×

Warning

Error loading component: com_users, Component not found.
Error loading component: com_languages, Component not found.
Error loading library: joomla, Library not found.

PENARIKAN MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) IAIN PURWOKERTO DI PA PURWOKERTO

 

Purwokerto – Selama satu bulan penuh, tepatnya mulai 31 Agustus 2020 hingga 30 September 2020, 11 (sebelas) mahasiswa dari IAIN Purwokerto ditambahan 1 (satu) mahasiswa dari UIN Jakarta diterjunkan di Pengadilan Agama Purwokerto untuk melaksanakan tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Sesuai dengan jadwal waktu kegiatan yang telah ditentukan , para mahasiswa kembali ditarik oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus.

Penyerahanan mahasiswa kali ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.H., M.M. didampingi oleh Drs. Asnawi, S.H., M.H. (hakim) selaku Hakim Pembimbing Lapangan kepada Hj. Durotun Nafisah, S.Ag, M.Si. (dosen). Dalam kata-kata penyerahannya, Ketua Pengadilan Agama Purwokerto (Muhdi-red) mengungkapkan bahwasannya mahasiswa PTKAIN harus menguasai semua ilmu tentang peradilan agama di Indonesia. Karena pada dasarnya peradilan agama adalah rumah bagi mahasiswa PTKAIN.

Sementara itu, Drs. Asnawi, S.H., M.H. selaku Hakim Pembimbing Lapangan dari Pengadilan Agama Purwokerto mengaku senang dan bangga dengan kehadiran mahasiswa PPL dari IAIN Purwokerto. “Mahasiswa IAIN yang nantinya akan menggantikan/regenerasi kursi hakim di Pengadilan Agama. Karena memiliki perbedaan cukup menonjol, semangat yang bagus dan motivasinya kuat” tegas beliau.

Lebih lanjut Hakim Pembimbing Lapangan bagi mahasiswa IAIN Purwoketo menyampaikan “Bahwasanya kalian adalah kader hebat untuk menggantikan para hakim yang ada saat ini. Doa orang tua selalu menyertai dan usaha yang tekun,  Insya Allah cita-cita dapat diraih. Diharapkan nantinya bisa menjadi Agent of Change (agen perubahan). Aamiin.

           Selama menjalani praktik, mahasiswa mendapat materi yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi hakim, kepaniteraan dan kesekretariatan. Serta implementasi simulasi persidang perkara biasa dan ekonomi syariah yang dibimbing langsung oleh Drs. Asnawi, S.H., M.H., di Pengadilan Agama Purwokerto. (Ade Harsa)