×

Warning

Error loading component: com_users, Component not found.
Error loading component: com_languages, Component not found.
Error loading library: joomla, Library not found.

PEMBINAAN WAKIL KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG DI PENGADILAN AGAMA PURWOKERTO

 

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H., disela-sela pemeriksaan menyempatkan diri untuk mengadakan pembinaan terhadap seluruh pegawai Pengadilan Agama Purwokerto pada hari Rabu (21/10-2020) bertempat di aula Pengadilan Agama Purwokerto.

“Saya ke sini atas dasar Surat Tugas dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama (KPTA) Semarang nomor  W11-A/3396/Kp.01.1/X/2020 terkait pengaduan masyarakat menyangkut relaas panggilan dan saya diperintahkan oleh Bapak KPTA untuk memeriksa langsung kebenaran aduan tersebut. Jadi kalau tidak ada pengaduan barangkali saya tidak ke sini,” penjelasan beliau.

Dalam pembinaan tersebut Wakil KPTA Semarang mengingatkan kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Purwokerto agar siap menjadi calon penghuni surga. Hal tersebut sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits tentang 4 ciri calon penghuni surga, Yang pertama Wajhun Maaliqun (pelayanan prima), kedua Qolbun Taqiyyun (hati yang bersih/tawakkal), ketiga Yaddun A’liyyun  (suka memberi/sedeqah) dan Lisaanun faasihun (bicara santun).

“Dalam praktik keseharian di pengadilan agama kita bisa melayani para pencari keadilan dengan pelayanan prima sesuai sebagaimana telah digariskan oleh Badan Peradilan Agama (Badilag) maupun Mahkamah Agung RI.  Layani para pihak dengan baik, jangan malah minta dilayani. Terapkan 3 S (senyum, salam dan sapa) kepada siapa saja yang datang ke kantor kita,” pesan beliau.

Khusus bagi para hakim beliau berpesan agar senantiasa membaca dan mempedomani hukum acara dan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) karena SEMA ini yang dapat merubah apa yang tertera dalam hukum acara. “Kalau kita sudah berpedoman pada Hukum Acara dan Surat Edaran Mahkamah Agung, Insya Allah kita akan selamat dalam menangani perkara,” tegas beliau.

Acara yang dimulai jam 11.15 WIB dan berakhir pukul 12.30 WIB. dihadiri oleh Ketua, Para Hakim, Panitera, Sektretaris, Para Panitera Muda, Para Kepala Sub Bagian, Para Panitera Pengganti, Para Jurusita/Jurusita Pengganti dan Para Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) /Non PPNPN Pengadilan Agama Purwokerto. (xamim)