WISUDA PURNA BHAKTI HAKIM DAN PENGANTAR ALIH TUGAS KETUA DAN HAKIM PENGADILAN AGAMA PURWOKERTO

Pada hari Jum’at (2/10/2020) Pengadilan Agama Purwokerto mengadakan acara wisuda purna bhakti hakim atas nama Titi Hadiah Milihani, S.H., sekaligus pelepasan Ketua Pengadilan Agama Purwokerto yang lama Drs. H. Tahrir yang menduduki jabatan sebagai Ketua Pengadilan Agama Pati, serta Drs. Mahasin, S.H., yang dimutasi menjadi Hakim Pengadilan Agama Kebumen.

Acara didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan lagu Bagimu Negeri, seiring wisudawati Titi Hadiah Milihani, S.H., didampingi oleh Ketua dan para Hakim Pengadilan Agama Purwokerto memasuki ruangan acara prosesi wisuda.

Anwar Faozi, S.H., selaku Panitera Pengadilan Agama Purwokerto membacakan riwayat singkat ibu Titi Hadiah Milihani, S.H.” Ibu Titi Hadiah Milihani, S.H. lahir di Purbalingga, 21 September 1955 (65 tahun yang lalu). Beliau adalah adik ipar Prof. Dr. Drs. H. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum, mantan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI. Sebelum menjadi hakim (2006) beliau meniti karirnya sebagai staf di Pengadilan Agama Pemalang (1982), staf di Pengadilan Agama Purbalingga (1983), menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Agama Purbalingga (1991), Panitera Muda Pengadilan Agama Purbalinga (2000), dan Wakil Panitera Pengadilan Agama Purbalingga (2004).”

 

Diangkat pertama kali menjadi hakim tahun 2006 dan ditempatkan di Pengadilan Agama Praya Nusa Tenggara Barat (NTB), kemudian dimutasi menjadi hakim Pengadilan Agama Banyumas (2008), Hakim Pengadilan Agama Purbalingga (2012) dan menjadi  hakim di Pengadilan Agama Purwokerto sejak 22 Agustus 2016. Pengadilan Agama Purwokerto pun menjadi terminal terakhir karir beliau mengabdi di lingkungan Mahkamah Agung RI dengan pangkat terakhir Pembina Utama Madya (IV/d).

Acara wisuda ditandai dengan pelepasan atribut tanda jabatan hakim oleh Ketua Pengadilan Agama Purwokerto, Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M., kemudian Ketua Pengadilan Agama Purwokerto berkenan mengalungkan bunga dan memberi buket kepada ibu Titi Hadiah Milihani, S.H.

Acara selanjutnya adalah pelepasan Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. H. Tahrir dan Drs. Mahasin, S.H. didahului dengan penyampaian kesan dan pesan dari keluarga besar Pengadilan Agama Purwokerto yang disampaikan oleh perwakilan hakim Drs. Asnawi, S.H., M.H.

 

Dalam kata sambutannya Ketua Pengadilan Agama Purwokerto, Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M.,menyampaikan terima kasih kepada bapak Drs. Tahrir yang telah menahkodai Pengadilan Agama Purwokerto dan berterima kasih atas pengabdian selama 2 (dua) periode kepemimpinan beliau. Tidak lupa tetap bersemangat serta bertekad untuk melanjutkan tradisi dan nilai-nilai luhur yang telah beliau tanamkan.

Kepada Drs. Mahasin, S.H.,  Ketua Pengadilan Agama Purwokerto (Muhdi-red) juga mengucapkan terima kasih karena telah menjadi bagian dari Pengadilan Agama Purwokerto selama  4 (empat) tahun, semoga di Pengadilan Agama Kebumen beliau dapat berkarya lebih baik menjelang akhir karir sebagai hakim. Sementara kepada ibu Titi beliau mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya dan diharapkan bisa menjadi contoh bagi yang masih aktif meniti karir. Yaitu dengan bekerja sebaik-baiknya, tetap menjaga kesehatannya, karena beliau mengakhiri karirnya sebagai hakim di Pengadilan agama Purwokerto dalam keadaan sehat wal afiat. Walaupun telah dilakukan upacara pelepasan terhadap ibu Titi, namun beliau tetap bisa menjadi bagian dari Pengadilan Agama Purwokerto dengan menjadi mediator di Pengadilan Agama Purwokerto.

 

Pembacaan doa oleh Drs. H. Risno, menandai akhir acara, dilanjutkan dengan penyerahan cendramata kepada Drs. H. Tahrir, Drs. Mahasis, S.H., dan kepada Titi Hadiah Milhani, S.H.

Acara diikuti oleh seluruh warga Pengadilan Agama Purwokerto, perwakilan Dharmma Yukti Karini Cabang Purwokerto dan mahasiswa/i IAIN Purwokerto yang sedang menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama Purwokerto denga tetap memperhatikan standar protocol kesehatan Covid-19. (xamim)